kucing makan

10 Makanan Yang Beracun Untuk Kucing

Untuk membuat mereka senang, kadang kita tergoda untuk memberikan sedikit tambahan makanan kecil kepada kucing kesayangan kita. Misalnya ketika sedang makan dan tak tahan dengan wajah kucing kesayangan kita yang memelas seakan minta bagian dari makanan kita di piring. Tidak ada salahnya sekali-kali kita memberikan makanan kita ke mereka, namun penting diketahui bahwa ada makanan atau minuman yang bisa beracun apabila di makan oleh kucing.

Cokelat
Cokelat tidak hanya berbahaya bagi anjing, tapi juga berbahaya untuk kucing. Perlu diingat cokelat mengandung theobromine, senyawa yang tidak dapat dicerna oleh sistem metabolisme mereka, yang pada akhirnya dapat mengganggu sistem saraf dan merusak hati mereka. Terlalu banyak cokelat yang dimaka oleh hewan peliharaan anda memiliki konsekuensi serius dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan kematian.

Buah-buahan berbiji
Buah-buahan berbiji dan yang memiliki cabang ditengahnya seperti apel, pir, anggur, ceri, dll beracun bagi kucing karena mengandung glikosida sianogenik yang dikandungnya. Zat ini dapat membuat kucing atau anjing keracunan.

Tuna kaleng
Memberikan ikan tuna kemasan tidak akan menyebabkan masalah serius apabila tidak setiap hari, namun apabila sering ikan tuna dalam kaleng bisa menjadi masalah serius. Tuna kalengan mengandung terlalu banyak garam dan dapat menyebabkan masalah serius pada ginjal hewan peliharaan kita. Apalagi, tuna kalengan biasanya tidak mengandung asam taurin yang sangat penting untuk jantung dan penglihatan kucing.

Bawang mentah dan bawang putih
Bawang mentah dan bawang putih beracun bagi kucing karena mengandung zat sulfur yang dapat mempengaruhi sel darah merah, menyebabkan muntah, dan gangguan jantung.


Kentang, Sayur kol dan lobak
Jenis sayuran ini kurang bagus apabila diberikan pada anjing atau kucing, karena dapat menyebabkan diare atau mencret. Tipe sayuran ini didalam perut bisa menimbulkan gas, dan sistem pencernaan kucing atau anjing kurang cocok dengan kondisi tersebut. Sedangkan kentang, apabila diberikan mentah bisa berbahaya buat hewan peliharaan karena mengandung kalsium oksala dan kristal ionik yang merusak saluran kemih dan dapat menyebabkan batu ginjal.

Jamur
Beberapa jenis jamur sangat beracun dan dapat menyebabkan masalah hati serta masalah neurologis, atau dalam kasus parah bisa menyebabkan kematian.

Alpukat
Alpukat mengandung persin, unsur beracun yang dapat merusak jantung dan paru-paru hewan. Alpukat juga tinggi lemak, yang dapat menyebabkan radang pankreas.

Kacang
Kandungan fosfor yang tinggi dari kacang-kacangan membuat sistem pencernaan hewan susah untuk mencerna makanan ini. Jadi kacang-kacangan sebaiknya jangan diberikan pada hewan peliharaann anda.

Kacang makadamia juga dapat menyebabkan demam tinggi, melemahkan hewan, dan meningkatkan detak jantungnya. Sedangkan buah pala tenryata dapat menyebabkan halusinasi jika mereka tertelan dalam jumlah yang terlalu besar.

Susu
Tidak seperti kebanyakan orang bilang, susu tidaklah baik untuk diberikan pada kucing peliharaan anda. Beberapa kucing alergi terhadap cairan susu termasuk anak kucing yang mulai disapih, karena mereka biasanya tidak memiliki cukup lactase yang berguna untuk mencerna laktosa yang dikandung dalam susu.

Kopi
Secangkir kopi dapat membuat manusia dewasa jantungnya berdetak lebih cepat dan membangkitkan adrenalin. Bayangkan memberikan kopi pada makhluk kecil seperti kucing, tidak menutup kemungkinan akan berdampak buruk pada mereka.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *