anakan-kucing

Adopsi Kucing Jantan Atau Betina?

Ketika kita akan mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, selalu ada pertanyaan klasik yang selalu muncul: Kucing jantan atau betina?

Baik jantan atau betina, apabila keduanya telah disterilisasi maka tidak akan banyak perbedaan diantara keduanya apabila mereka sudah dewasa nantinya. Kecuali kalau sterilisasi belum dilakukan, antara jantan dan betina nantinya akan ada sedikit perbedaan kebiasaan.95 persen kucing jantan yang belum disterilisasi ketika musmi kawin biasanya akan buang air kecil di beberapa tempat di rumah anda untuk menandai teritorinya. Air urin ini biasanya baunya agak menyengat, dan agak susah dihilangkan. Pada kucing betina yang belum disterilisasi, ketika musim kawin biasanya lebih manja, seringkali juga mereka bersuara seperti merintih kesakitan.

Pertimbangan lain untuk memilih kucing jantan atau betina adalah kondisi tempat tinggal anda. Apakah kucing bisa keluar masuk rumah dengan bebas, apabila iya, ini akan berguna untuk kucing jantan ketika musim kawin. Namun justru sebaliknya bagi kucing betina yang belum disterilisasi akan menimbulkan resiko kehamilan yang tidak diinginkan karena bisa keluar rumah dengan bebas.

Sterilisasi Solusi Ideal?

Saat ini 80 persen kucing peliharaan terutama yang sering menghabiskan waktunya di dalam ruangan kebanyakan sudah disterilisasi. Keuntungan dari sterilisasi atau kebiri ini memang sedikit banyak akan merubah karakter kucing yang bersangkutan, baik jantan maupun betina. Jadi apabila anda memutuskan untuk mengadopsi kucing ada baiknya untuk dilakukan sterilisasi terutama sebelum masa puber.

Kucing yang sudah disterilisasi biasanya akan lebih manja dan perhatian. Selain itu juga mereka akan lebih dekat dengan masternya. Sterilisasi juga sangat disarankan apabila kita memiliki banyak kucing dirumah dengan tujuan agar mereka bisa hidup damai satu sama lainnya karena sifatnya akan lebih tenang setelah disterilisasi.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *