anjing berkelahi

Bagaimana Mengatasi Anjing Yang Berkelahi

Melihat anjing yang sedang berkelahi, atau misalnya anjing peliharaan kita diserang anjing lain bukan masalah sepele. Selain dapat membahayakan anjing kita sendiri, juga membahayakan orang-orang di sekitar kita. Berkelahi antar anjing juga bisa terjadi bahkan antara anjing kita sendiri, kalau kita memiliki anjing lebih dari satu.

Kadang ketika kita melihat anjing berkelahi, beberapa saat kita akan panik dan refleks untuk memisahkan agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah lagi misalnya luka-uka yang dialami anjing kita. Namun sangatlah penting bagi kita untuk menjaga tetap tenang dan tidak panik apabila menghadapi situasi seperti itu, dan secepatnya kita harus menghentikan perkelahian tersebut.

Walaupun begitu kita haru memahami juga kenapa anjing dengan anjing lainnya bisa berkelahi. Kadang anjing kita sendiripun yang biasanya baik, tenang di rumah, namaun ketika diluar bertemu beberapa tipe anjing dia akan berubah menjadi seakan-akan anjing predator yang ganas.

Memahami penyebab konflik

Ada beberapa faktor yang biasanya kenapa perkelahian bisa terjadi diantara anjing. Perkelahian bisa terjadi karena misalnya rebutan makanan, mainan, rebutan tempat, atau insting merasa terancam ketika bertemu dengan anjing lain yang tidak dikenal. Namun ternyata ada penyebab yang paling dasar mengapa anjing sering berkelahi.

Kurangnya sosialisasi dengan binatang lain atau makhlud hidup lain ternyata cenderung bisa membuat anjing lebih agresif. Anjing yang terus-terusan di kurung di kandang, atau di rumah yanpa dibawa jalan mengenal dunia luar biasanya akan lebih agresif. Sama halnya juga dengan anak anjing yang terlalu cepat dipisahkan dengan orang tuanya dan adik/kakaknya, biasanya juga akan cenderung agresif kurangnya berinteraksi dengan keluarganya yang mana berguna untuk membentuk perilaku dasar. Seperti misalnya anjing harus bisa memahami kalau menggigit anjing lain atau makhluk hidup lain adalah sesuatu hal yang tidak bisa ditolerir. Itulah sebabanya sangatlah penting membiarkan anak anjing tetap bersama orangtua biologisnya eberapa waktu, sebelum berinteraksi dengan anjing lain , binatang lain atau makhluk hidup lain.

Didikan yang kurang bagus yang dilakukan pemilik anjing juga bisa mempengaruhi karakter anjing menjadi lebih agresif terutama pada orang lain ataupun anjing lain. Pemilik anjing yang lemah atau tidak tegas terhadap anjingnya akan berefek pada anjingnya tersebut bisa berbuat apa saja dan dapat menimbulkan konflik dengan anjing lain, begitupun kalau terlalu ekstrim misalnya dalam mendidik anjing dengan terlalu menggunakan kekerasan dan agresifitas, juga akan mempengaruhi anjing dalam pikirannya bahwa berinteraksi dengan agresif dan kekerasan adalah normal adanya.

Solusi untuk menghentikan perkelahian

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kita menghadapi perkelahian anjing, baik itu diantara anjing kita sendiri maupun dengan anjing lain, kita harus tetap tenang dan tidak panik. Memang terdengar lebih mudah diucapkan daripada kenyataannya dilapangan , apalagi kalau kita menghadapi 2 anjing berkelahi didepan mata kepala kita sendiri.

Yang harus kita lakukan ketika perkelahian terjadi pertama kita harus memerintahkan anjing kita untuk berhenti berkelahi. Misal dengan memberikan perintah ‘STOP’ dengan nada tegas tanpa harus berteiak-teriak panik. Untuk anjing-anjing yang sudah terdidik dengan baik dan penurut dengan masternya biasanya dengan perintah ini dia akan langsung teralih perhatiannya dan berhenti berkelahi.

Satu hal yang penting ketika ingin menghentikan perkelahian antara anjing, jangan pernah memisahkan mereka dengan posisi tubuh kita di tengah-tengah mereka. Situasi ini akan membuat anda beresiko terkena serangan gigitan maupun serangan dari kaki anjing.

Cara yang terbaik untuk memisahkan anjing ketika berkelahi adalah masing-masing pemilik anjing menarik kaki belakang mereka ke belakang dengan arah sedikit memutar. Jangan pernah menarik anjing dengan tali dilehernya atau menarik buntutnya. Apabila perkelahian antara anjing anda dan terjadi di rumah, cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menutup mereka dengan seprei atau selimut, dengan cara ini biasanya mereka akan berhenti berkelahi karean teralihkan perhatiannya. Seringnya setelah itu mereka tidak akan melanjutkan berkelahi.

Cara lain seperti yang dilakukan ketika kita melihat kucing berkelahi adalah dengan cara menyiram air ke mereka sebanyak mungkin. Bisa dengan menggunakan botol, atau apabila di rumah bisa menggunakan selang air. Cara ini sangat efektif menghentikan perkelahian , karena pada situasi tertentu anjing atau kucing tidak suka basah. Maka mereka akan berpikir dua kali apabila ingin memulai perkelahian lagi.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *