Kelinci-warna coklat

Hal -Hal Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui Tentang Kelinci

Mukanya yang imut, lucu, gaya makannya yang menggemaskan adalah beberapa hal bagi sebagian dari kita untuk memilih kelinci sebagai hewan peliharaan. Namun tahukan anda ada bebebarapa hal tentang kelinci yang mungkin anda belum pernah ketahui.

Kelinci tidak hanya makan wortel..

Kalau kita lihat di film kartun dandi buku-buku komik digambarkan kalau makanan utama dari kelinci adalah wortel, padahal pada kenyataannya kelinci membutuhkan makanan yang lain seperti rumput kering dan sayur-sayuran. Justru apabila kelinci terus-terusan makan wortel ada kemungkinan kelinci tersebut tidak akan bertahan lama. Bahkan di dalam wortel ternyata mengandung gula yang cukup tinggi untuk kelinci yang mana bisa membuat gigi kelinci berlubang.

Kelinci makan kotorannya sendiri

Setelah kenyang habis makan makannya, kelinci biasanya ada kencederungan memakan kotorannya sendiri. Walau terlihat jorok, namun ternyata kelinci membutuhkan kotorannya sendiri untuk membantu pencernaan pada perutnya. Untuk keperluan inilah, kelinci mengeluarkan dua tipe kotoran yang mana salah satu kotorannya -yang biasanya lebih lembek dibandingkan dengan kotoran biasa- mewajibkan dia untuk dimakan. Ini terjadi karena kelinci memiliki sistem pencernaan yang yang lumayan cepat, jadi kadang ia harus memakan lagi kotorannya agar nutrisi yang sebelumnya belum sempat diserap, akan diserap lagi dengan cara memakan kembali.

Kelinci juga membersihkan bandannya sendiri seperti kucing

Mungkin anda kurang tahu wahwa kelinci juga sering menjilati badannya sendiri agar tetap bersih, persis seperti yang dilakukan oleh kucing.

Kelinci tidak bisa muntah

Tidak seperti hewan peliharaan lain, kelinci tidak memuntahkan kembali makanannya. Apabila dia tidak merasa enak dengan makanannya, maka kelinci akan memakan makanan lain agar makanan yang ia telah makan cepat keluar lagi melalui kotorannya.

Pandangan mata 360 derajat

Salah satu kelebihan lain dari kelinci adalah memiliki kemampuan pandangan 360 derajat. Ini berarti kelinci bisa melihat objek hingga bagian belakang kepalanya tanpa harus memutar kepalanya. Namun ternyata memiliki area blindpot, yaitu area yang kadang tidak bisa ia lihat dengan jelas. Area itu ada di bagian depan kepalanya sendiri.

Telinga yang berfungsi sebagai pendingin badan

Telinga kelinci yang berukuran abnormal, ternyata memiliki dua fungsi selain fungsi yang utama terntunya untuk mendengar. Telinga kelinci mampu berputar 270 derajat yang berfungsi untuk mendeteksi apabil ada ancaman yang mungkin akan mendekat. Selain itu ketika suhu diluar panas, telinga kelinci dapat badannya agar tetap dingin dan terlindung dari hawa panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *